Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara Daring bagi Siswa Kelas VII dan VIII

  • Saturday, 6 June 2020
  • 2,042 views
Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara Daring bagi Siswa Kelas VII dan VIII

Jika beberapa pekan yang lalu, siswa kelas IX melaksanakan Ujian Sekolah secara daring, kali ini, giliran siswa kelas VII dan VIII yang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara daring. Pelaksanaan PAT daring ini tidak jauh beda dengan Ujian Sekolah daring sebelumnya. PAT daring ini diselenggarakan mulai hari Jumat (5/6) sampai Senin (15/6).

Dalam PAT daring ini, para siswa diminta mengerjakan soal PAT yang telah dikonversikan ke dalam Google Forms. Setiap harinya, ada dua mata pelajaran yang diujikan. Adapun untuk proses pengerjaannya, siswa dapat memakai laptop (notebook) atau smartphone yang tersedia di rumah. Siswa dinyatakan selesai mengerjakan soal, jika sudah mengunggah jawaban via Google Forms.

PAT daring ini dikelola oleh 3 orang operator. Segala kontak dan komunikasi dengan operator dilakukan secara daring via Whatsapp Group. Bagi siswa yang mengalami kendala teknis, sekolah menyediakan bantuan perangkat, koneksi internet, dan kontak operator selama PAT daring bilamana dibutuhkan.

PAT daring ini merupakan pengalaman pertama bagi para siswa kelas VII dan VIII di tengah pandemi virus Corona. Jika biasanya para siswa mengerjakan PAT dengan kertas dan pulpen, kali ini mereka mengerjakan PAT dengan laptop atau smartphone. Segala kelebihan dan kekurangan yang ditemui dalam pelaksanaan PAT daring ini akan terus dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan layanan pembelajaran ke depannya.

Jika melihat kondisi dan situasi terkini, ulangan dan ujian daring semacam ini tampaknya akan lebih sering dilakukan di waktu-waktu mendatang. Hal tersebut masih harus menunggu keputusan pemerintahan pusat dan dinas pendidikan terkait kapan waktu pembelajaran normal (tatap muka) dapat kembali digelar.[]