Studi Komparasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

  • Friday, 27 October 2023
  • 172 views
Studi Komparasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Kota Yogyakarta, SMPIT Masjid Syuhada akan selalu terbuka untuk berbagi informasi dan berdiskusi seputar program-program Sekolah Penggerak maupun implementasi Kurikulum Merdeka.

Rabu (25/10) lalu, SMP IT Masjid Syuhada menerima kunjungan studi komparasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Kegiatan studi komparasi tersebut dihelat di Gedung Syuhada Center.

Studi komparasi ini ditujukan guna membahas implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka sudah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2020 lalu. Hingga kini, bentuk operasional dan aspek-aspek teknis menyangkut implementasi Kurikulum Merdeka masih terus didiskusikan dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan daya dukung satuan pendidikan serta tuntutan perkembangan zaman.

Diskusi seputar implementasi Kurikulum Merdeka dalam kunjungan Studi Komparasi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu di SMP IT Masjid Syuhada, Rabu (25/10) lalu.
Studi komparasi semacam ini berfungsi untuk sarana merefleksi, mengevaluasi, meningkatkan, dan mengembangkan formulasi kurikulum yang lebih optimal dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan daya dukung dan kondisi satuan pendidikan masing-masing
Pemberian kenang-kenangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu kepada Kepala SMP IT Masjid Syuhada, Ustadzah Meilani Noor Khasanah.

Karena itu, realisasi Kurikulum Merdeka di SMPIT Masjid Syuhada yang telah berjalan sejak tahun 2022, diharapkan dapat menjadi bahan refleksi sekaligus referensi dalam penerapan komponen-komponen Kurikulum Merdeka ke depannya bagi instansi pendidikan lain.[]