Kemah Manasik Haji Kelas IX Tahun 2023

  • Wednesday, 25 October 2023
  • 214 views
Kemah Manasik Haji Kelas IX Tahun 2023

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib bagi muslim yang mampu. Sebagai salah satu ritual ibadah yang penting dalam khazanah agama Islam, setiap umat Islam seyogyanya memiliki wawasan khusus seputar ibadah tersebut.

Karenanya, sebagai sarana memperkenalkan ibadah haji kepada para peserta didik, peserta didik kelas IX SMP IT Masjid Syuhada mengikuti kegiatan kemah manasik haji, Sabtu-Minggu (21-22 Oktober 2023) lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Area Miniatur Manasik Haji Al-Barokah, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul. Kemah manasik haji tersebut bertajuk ‘Merajut Persatuan di Tanah Suci Menggapai Ridho Illahi.

Kegiatan manasik kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan manasik haji sebelumnya yang diselenggarakan serentak di kompleks Masjid Syuhada. Kegiatan manasik haji kali ini mensimulasikan alur ibadah haji secara kontekstual dan menyeluruh, meliputi miqot yamani, thawaf, minum zam-zam, wukuf di Arafah, sa’i, tahalul, hingga melempar jumrah.

Untuk kegiatan wukuf di Arafah, peserta didik benar-benar mendirikan tenda di lokasi manasik haji dan berkemah di sana seperti jemaah haji sesungguhnya. Pagi hari setelah berkemah, peserta didik melanjutkan ritual ibadah haji berikutnya, antara lain melempar jumrah dan melakukan thawaf ifadhah.

Dengan kegiatan ini, para peserta didik diharapkan dapat lebih memahami tata cara dan urgensi ibadah haji dalam agama Islam serta membangkitkan motivasi untuk melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya di masa mendatang.[]