Pembinaan Guru dan Karyawan Edisi Perdana Tahun Ajaran 2023/2024

  • Saturday, 5 August 2023
  • 195 views
Pembinaan Guru dan Karyawan Edisi Perdana Tahun Ajaran 2023/2024

Sabtu (5/8/2023) lalu, SMP IT Masjid Syuhada menggelar pembinaan guru dan karyawan edisi perdana untuk tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini dilangsungkan di ruang kelas IX A dan diikuti segenap ustadz/ustadzah dan karyawan SMP IT Masjid Syuhada.

Pembinaan guru dan karyawan ini diawali dengan penyampaian materi kajian internal oleh Ustadz Arif Taba Nasuha. Dalam sesi tersebut, Ustadz Arif Taba Nasuha menyampaikan materi seputar memaknai kalimat syahadat dan bagaimana mengaktualisasikannya dalam ruang kehidupan kita sehari-hari.

Secara formal, setiap muslim tentu sudah identik dengan kalimat syahadat, namun syahadat tersebut harus tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Tidak elok rasanya jika seseorang mengatakan laa ilaaha illallaah, namun perilaku kesehariannya masih ‘menyembah’ pada padatan-padatan artifisial buatan manusia, seperti uang, pangkat, jabatan, ketenaran, dan sebagainya. Karenanya, setiap muslim hendaknya selalu merefleksikan syahadatnya sambil terus menjaga kualitas iman dan takwanya.

Jalannya kajian internal berlangsung secara interaktif. Para peserta pembinaan dipersilahkan memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan terkait topik kajian yang dibahas. Karena itu, ruang lingkup pembahasan kajian menjadi semakin luas dan lebih menyentuh ranah yang lebih kontekstual.

Pembinaan guru dan karyawan merupakan kegiatan rutin yang insya Allah akan diselenggarakan setiap hari Sabtu pekan pertama setiap bulannya. Kegiatan ini akan diisi dengan kajian internal yang membahas berbagai topik keagamaan dan dilanjutkan dengan sharing dan diskusi seputar manajemen sekolah. Selain itu, kegiatan pembinaan juga dapat menyediakan ruang evaluasi bagi program-program pendidikan yang berjalan di lingkup SMP IT Masjid Syuhada.[]