Pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Ajaran 2023/2024

  • Saturday, 2 September 2023
  • 385 views
Pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Ajaran 2023/2024

Jum’at (1/9/2023), SMP IT Masjid Syuhada menggelar agenda pembukaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Acara tersebut diikuti oleh segenap peserta didik kelas VII dan VIII. Pembukaan P5 kelas VII dilaksanakan di ruang kelas VII C-D. Sementara pembukaan P5 kelas VIII dilaksanakan di ruang kelas VIII C-D.

Dalam pembukaan P5, peserta didik memperoleh informasi awal tentang kegiatan P5, yang meliputi seluk-beluk P5, tujuan kegiatan, jadwal P5, pembagian kelompok projek, dan gambaran umum teknis pelaksanaan projek. Untuk tahun ajaran 2023/2024, tema utama kegiatan P5 Hemat Energi, Demokrasi, dan Kearifan Lokal. Kegiatan P5 akan diikuti oleh peserta didik kelas VII dan VIII yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pelaksanaan P5 kali ini dilaksanakan sepekan sekali pada hari Jum’at, tidak seperti sebelumnya yang pelaksanaannya berturut-turut dalam beberapa pekan sekaligus. Selain itu, muatan materi P5 merupakan integrasi dari berbagai mata pelajaran yang sesuai dengan tema utama. Karenanya, kegiatan P5 ini diupayakan tetap selaras dengan konten materi yang dipelajari pada mata pelajaran di kelas.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sendiri merupakan salah satu muatan dalam Kurikulum Merdeka yang terdiri dari kegiatan kokurikuler berbasis proyek guna mengembangkan kompetensi pembelajaran dan karakteristik peserta didik agar sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan P5 dilaksanakan secara integratif dengan mata pelajaran yang dipelajari di kelas. Melalui kegiatan P5, peserta didik didorong agar mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan solutif dalam mengatasi masalah-masalah kontekstual yang ada di lingkungannya. Di akhir P5 ini nanti, peserta didik diharapkan dapat menampilkan produk karyanya sebagai bentuk aktualisasi dari materi yang telah mereka peroleh selama mengikuti kegiatan projek.[]