MPLS SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2023/2024

  • Wednesday, 12 July 2023
  • 456 views
MPLS SMP IT Masjid Syuhada Tahun Ajaran 2023/2024

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP IT Masjid Syuhada akan dilaksanakan mulai Senin-Rabu (10-12 Juli 2023). Seperti namanya, kegiatan MPLS ditujukan sebagai sarana orientasi awal dan pengenalan lingkungan sekolah kepada para peserta didik baru SMP IT Masjid Syuhada. Berikut ini liputan kegiatan MPLS di SMP IT Masjid Syuhada yang diadakan selama tiga hari tersebut.

MPLS Hari Pertama (Senin,10 Juli 2023)

Agenda MPLS tahun ajaran 2023/2024 diawali dengan diniyah pagi (sholat Dhuha dan dzikir bersama) di ruang utama Masjid Syuhada dilanjutkan dengan upacara pembukaan MPLS di depan aula Masjid Syuhada. Agenda MPLS perdana ini memfokuskan pada sosialisasi Wawasan Wiyatamandala serta informasi program-program akademik dan kurikulum sekolah. Setelahnya, para peserta MPLS melakukan room tour bersama pemandu kelompok masing-masing (OSIS) untuk lebih mengenal lingkungan kompleks sekolah beserta sarana prasarana yang tersedia.

MPLS Hari Kedua (Selasa, 11 Juli 2023) – Field Trip dan Outbond

Khusus untuk MPLS hari kedua, kegiatan dilaksanakan di luar kompleks sekolah, yakni di pelataran Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Di sana, para peserta MPLS akan mengikuti serangkaian kegiatan field trip dan outbond. Usai sholat Dhuha dan dzikir pagi di Masjid Syuhada, para siswa bertolak menuju ke Masjid Gedhe Kauman untuk mengikuti agenda field trip dan outbond. Selama kegiatan tersebut, para peserta MPLS menyelesaikan sejumlah penugasan kelompok yang dikemas dalam kegiatan observasi edukatif dan permainan rekreatif.

MPLS Hari Ketiga (Rabu, 12 Juli 2023) – Display Ekstrakurikuler

MPLS hari ketiga difokuskan pada kegiatan display ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada para peserta MPLS untuk menyimak langsung ragam ekstrakurikuler yang ada di SMP IT Masjid Syuhada. Sebagai informasi, SMP IT Masjid Syuhada memiliki dua kategori ekstrakurikuler, meliputi ekstrakurikuler diniyah dan ekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler diniyah meliputi kaligrafi, murottal, nasyid acapella, adzan, qiroah, rebana, dan pidato islami. Sementara ekstrakurikuler pilihan meliputi jemparingan (panahan), robotik, futsal, badminton, pencak silat, Palang Merah Remaja (PMR), jurnalistik, multimedia (fotografi, videografi, dan desain grafis), story telling, serta Klub Riset Ilmiah (KIR).

Gelaran MPLS ditutup dengan sesi pentas seni kelompok dan pemutaran video dokumentasi yang telah dibuat masing-masing kelompok pada MPLS hari sebelumnya. Di sela-sela acara tersebut, ada pula pembagian hadiah dan penghargaan pada kelompok yang berprestasi.

Kiranya, melalui serangkaian agenda MPLS ini, para peserta didik baru SMP IT Masjid Syuhada dapat lebih mengenal lingkungan sekolah beserta program-program akademiknya. Selain itu, para peserta  didik baru juga diharapkan dapat saling bersilaturahmi, beradaptasi, dan lebih mengenal segenap ustadz/ustadzah, staff karyawan, dan semua warga sekolah melalui kegiatan MPLS ini. Kepada para peserta didik baru, kami ucapkan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar SMP IT Masjid Syuhada.[]