SMP IT Masjid Syuhada Kembali Adakan Kegiatan MABIT

  • Monday, 10 October 2022
  • 804 views
SMP IT Masjid Syuhada Kembali Adakan Kegiatan MABIT

Pada tahun ajaran 2022/2023 ini, SMP IT Masjid Syuhada kembali mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT). Sebelumnya, selama dua tahun berturut-turut, kegiatan MABIT ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Agenda MABIT yang pertama ditujukan untuk para siswa kelas IX. Acara tersebut dilaksanakan Sabtu (8/10/2022) lalu, bertempat di kompleks SMP IT Masjid Syuhada.

Ustadz Arif Taba Nasuha saat mengisi acara pembukaan MABIT kelas IX – Sabtu, (8/10/2022) lalu.

Acara MABIT dimulai selepas sholat Ashar. Para peserta (siswa kelas IX) terlebih dahulu dibagi dalam kelompok-kelompok kecil (halaqoh). Topik materi yang menjadi fokus kajian dan diskusi para peserta MABIT adalah Hari Akhir dan tata cara pengurusan jenazah.

Para peserta MABIT dibagi dalam kelompok-kelompok kecil (halaqoh) untuk saling berdiskusi dan mengkaji materi yang disampaikan setiap Ustadz/Ustadzah pendamping.

Sebagaimana namanya, kegiatan MABIT berfokus pada pengembangan karakter, pendalaman materi, dan implementasi pembelajaran keagamaan dalam aktivitas sehari-hari. Karena itu, fokus kegiatan dan materi MABIT untuk setiap jenjang kelas tidaklah sama. Persamaannya terletak pada kegiatan-kegiatan pokok dalam MABIT, seperti sholat berjamaah, tadaruz Al-Qur’an, kajian dan diskusi kelompok, renungan malam, dan qiyamul lail.

Materi utama yang diberikan dalam MABIT berbeda-beda untuk setiap jenajng kelasnya. Bagi kelas IX, materi utama MABIT adalah Hari Akhir dan tata cara pengurusan jenazah
Salah satu halaqoh tengah mempelajari materi seputar praktik tata cara pengurusan jenazah bersama seorang pendamping halaqoh

Untuk pekan-pekan berikutnya, agenda MABIT akan kembali dilaksanakan dengan peserta para siswa kelas VIII dan kelas VII. Liputan kegiatan ini juga akan terus diperbarui selepas kegiatan-kegiatan tersebut dilangsungkan. Insyaa Allah.[]