Kajian Penguat Iman Memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah

  • Monday, 1 August 2022
  • 24 views
Kajian Penguat Iman Memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah

Jum’at (29/7/2022) lalu, SMP IT Masjid Syuhada melangsungkan agenda Kajian Penguat Iman (KAPAN) dalam rangka memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah. Acara tersebut digelar di ruang utama Masjid Syuhada dan diikuti segenap siswa kelas 7-9 SMP IT Masjid Syuhada.

Acara KAPAN diawali dengan sholat Dhuha dan dzikir bersama yang dipimpin oleh Ustadz Tarmidzi Taher. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan prosesi pembukaan yang diisi pembacaan kalam illahi.

Siswa-siswa anggota OSIS SMP IT Masjid Syuhada menjadi MC dalam agenda KAPAN – Jum’at (29/7/2022) lalu

Sebelum memasuki sesi kajian utama, para siswa melakukan tadararus bersama Surat Ad-Dhuha sampai Surat At-Takatsur dipimpin oleh Ustadz Arif Taba Nasuha. Adapun pembicara utama dalam KAPAN ini adalah Ustadz Harpiyanto.

Dalam kajiannya, Ustadz Harpiyanto mewasiatkan pentingnya rasa syukur dalam kehidupan manusia. Rasa syukur yang dimaksud tidak sekedar ucapan ‘alhamdulillaah’ namun lebih dari itu rasa syukur hendaknya menjadi sebuah pola pikir dan tersirat dalam perbuatan sehari-hari.

Ustadz Harpiyanto saat mengisi Kajian Penguat Iman KAPAN di ruang utama Masjid Syuhada dalam rangka memperingati Tahun Baru 1444 Hijriyah

Ustadz Harpiyanto mengutip Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya:

“…Sesungguhnya, jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Allah senantiasa memberikan bermacam-macam nikmat kepada manusia. Nikmat-nikmat tersebut tidak akan sanggup dihitung karena teramat banyak jumlahnya. Karena itu, sudah sepatutnya manusia mensyukuri segala bentuk nikmat pemberian Allah.

Hanya saja, terkadang manusia sering lalai untuk menyadari nikmat-nikmat tersebut hingga tanpa sadar lupa bersyukur. Padahal, dengan rasa syukur itulah, hidup manusia akan lebih tenteram dan damai.

Para siswa menyimak kajian yang dibawakan Ustadz Harpiyanto dalam agenda Kajian Penguat Iman (KAPAN) – Jum’at (29/7/2022) lalu

Sebelum ditutup, Ustadz Harpiyanto mengajak para siswa untuk melantunkan lagu Hymne Guru. Beliau berpesan agar para siswa senantiasa taat, hormat, dan patuh pada guru mengingat betapa berjasanya peran guru dalam pengembangan diri dan pembentukan akhlak mereka.

Dalam acara KAPAN ini, para siswa juga mendapat sosialisasi Tata Tertib sekolah oleh Tim Penegak Kedisiplinan. Diharapkan para siswa memperoleh gambaran yang lebih utuh tentang segala aspek tata tertib SMP IT Masjid Syuhada, baik berupa kewajiban siswa, larangan-larangan, kriteria pemberian poin, maupun bentuk-bentuk sanksi bagi pelanggar peraturan.

Sosialisasi Tata Tertib oleh Tim Penegak Tata Tertib SMP IT Masjid Syuhada dalam agenda KAPAN – Jum’at (29/7/2022)

Agenda Kajian Penguat Iman (KAPAN) adalah kajian tentatif yang dilaksanakan setiap ada even Hari-Hari Besar Islam. Kajian ini menghadirkan seorang pembicara keagamaan yang mengulas topik-topik tertentu sesuai even terkait. Agenda KAPAN ditujukan bagi para siswa dan segenap warga sekolah sebagai bentuk pembelajaran keagamaan, pembinaan rohaniah, serta perluasan wawasan audience seputar topik-topik Islam.[]