Rangkaian Agenda Syawalan SMPIT Masjid Syuhada 1444 Hijriyah bersama Komite dan Yayasan Masjid Syuhada

  • Monday, 15 May 2023
  • 321 views
Rangkaian Agenda Syawalan SMPIT Masjid Syuhada 1444 Hijriyah bersama Komite dan Yayasan Masjid Syuhada

Halal bihalal merupakan salah satu tradisi umat muslim di Indonesia yang rutin dilakukan setiap bulan Syawal setelah hari raya Idul Fitri. Umumnya, halal bihalal dilakukan dengan saling berkunjung ke tempat tetangga, saudara, maupun kerabat, untuk saling bersilaturahmi, bermaafan, dan mendoakan. Secara umum, tujuan dari tradisi syawalan ini adalah untuk membina jalinan silaturahmi dan mempererat ukhuwah secara konstruktif dan positif dalam masyarakat.

Masih dalam nuansa bulan Syawal, SMPIT Masjid Syuhada juga menghelat serangkaian agenda syawalan. Agenda tersebut meliputi syawalan internal guru dan karyawan, syawalan komite dan orangtua/wali siswa, serta syawalan Yayasan Masjid Syuhada.

Syawalan Internal Guru dan Karyawan

Syawalan internal guru dan karyawan SMPIT Masjid Syuhada dilangsungkan Sabtu (6/5/2023) lalu. Acara tersebut dilangsungkan di Bukit Sekipan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Segenap ustadz/ustadzah dan karyawan SMPIT Masjid Syuhada hadir dalam acara tersebut. Rombongan syawalan bertolak dari SMPIT Masjid Syuhada sekira pukul 06.30 pagi. Setelah menempuh perjalanan 3 jam, rombongan tiba di lokasi syawalan.

Syawalan dibuka dengan pembacaan kalam ilahi oleh ustadz Nur Arif Fuadi dan sambutan dari Ustadzah Meilani Noor Khasanah. Setelahnya, acara berlanjut pada sesi tausiyah syawalan yang disampaikan oleh Direktur Yayasan Masjid Syuhada, Bapak  A.M. Dawam.

Acara syawalan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Ustadz Arif Taba Nasuha yang dilanjutkan dengan halal bihalal segenap peserta syawalan dan jamuan makan siang bersama. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan kunjungan rekreatif ke Lawu Park—sekira 15 menit perjalanan ke arah utara dari Bukit Sekipan.

Syawalan Komite dan Orangtua/Wali Siswa

Syawalan komite dan orangtua/wali siswa dilaksanakan Sabtu (13/5/2023) lalu. Acara tersebut diadakan di ruang utama Masjid Syuhada dan dihadiri segenap ustadz/ustadzah, karyawan, anggota komite, dan orangtua/wali siswa SMPIT Masjid Syuhada.

Acara syawalan dimeriahkan oleh penampilan tim ekskul rebana dan Tari Saman SMPIT Masjid Syuhada. Adapun pengisi tausiyah syawalan komite dan orangtua/wali siswa tersebut adalah Ustadz Adi Abdillah. Syawalan tersebut mengusung tema: “Dengan halal bihalal dan silaturahmi kita kuatkan nilai-nilai aqidah menuju insan yang bertaqwa”.

Syawalan Yayasan Masjid Syuhada

Acara syawalan Yayasan Masjid Syuhada dilangsungkan pada hari Sabtu (13/5/2023) lalu. Acara tersebut merupakan agenda rutin bagi seluruh instansi beserta para anggota yang berada di bawah naungan Yayasan Masjid Syuhada.

Syawalan bersama dilangsungkan di ruang aula Masjid Syuhada. Acara syawalan Yayasan Masjid Syuhada menghadirkan Prof. Dr. H. Rochmat Wahab, M. Pd. M.A. sebagai pengisi tausiyah syawalan. Beliau merupakan anggota Dewan Pembina Masjid Syuhada dan pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta periode 2009-2017.

Di penghujung acara, syawalan Yayasan Masjid Syuhada diakhiri dengan doa bersama yang dilanjutkan halal bihalal segenap peserta syawalan serta jamuan makan siang bersama.

Syawalan Internal Guru dan Siswa

Syawalan internal guru dan siswa SMPIT Masjid Syuhada dilaksanakan pada hari pertama masuk sekolah pasca libur Idul Fitri, Selasa (2/5/2023). Acara tersebut digelar di ruang utama Masjid Syuhada. Liputan selengkapnya tentang syawalan tersebut dapat dibaca pada tautan berikut ini.

Syawalan Internal Guru-Siswa SMPIT Masjid Syuhada 1444 H