Workshop Internal Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

  • Sunday, 21 August 2022
  • 44 views
Workshop Internal Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Sabtu (20/8/2022) lalu, SMP IT Masjid Syuhada menggelar workshop pembuatan modul ajar kurikulum merdeka. Workshop ini dilangsungkan di Meeting Room FAVE Hotel dan dihadiri segenap ustadz/ustadzah SMP IT Masjid Syuhada.

Acara workshop diawali dengan pemaparan materi oleh Ustadzah Yamidah tentang gambaran umum dan petunjuk teknis penyusunan modul ajar. Pada sesi ini, dijelaskan terlebih dahulu komponen-komponen utama modul ajar. Setelahnya, Ustadzah Yamidah memaparkan tentang kaidah-kaidah penyusunan modul ajar.

Ustadz Muhammad Fauzan Hanif memandu jalannya workshop internal pembuatan modul ajar, Sabtu (20/8/2022)

Setelah pemaparan materi dari Ustadzah Yamidah, para ustadz/ustadzah dikelompokkan sesuai rumpun mata pelajaran yang diampu untuk saling berdiskusi menyusun modul ajar. Adapun rumpun mata pelajaran yang menjadi dasar pengelompokkan adalah rumpun mata pelajaran humaniora, bahasa, matematika, IPA, agama, dan seni.

Workshop penyusunan modul ajar ini diikuti segenap ustadz/ustadzah SMP IT Masjid Syuhada

Usai berdiskusi bersama kelompok rumpun mata pelajarannya, salah satu perwakilan kelompok disilahkan untuk mempresentasikan modul ajar yang telah dibuat. Peserta workshop lainnya dapat memberikan responsi/tanggapan terkait modul ajar yang telah dipresentasikan.

Perwakilan rumpun bahasa menyampaikan hasil modul ajar hasil kerjanya

Diharapkan, dari kegiatan workshop ini para ustadz/ustadzah lebih memahami kaidah-kaidah penyusunan modul ajar kurikulm merdeka dan mampu menyusun modul ajar sendiri sesuai mata pelajaran yang diampunya. Hal ini sangat penting mengingat kedudukan modul ajar dalam kurikulum merdeka sama pentingnya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya.

Perwakilan rumpun matematika mempresentasikan modul ajar yang telah dibuat

Keberadaan modul ajar akan menentukan bagaimana kelangsungan pembelajaran yang akan dilakukan guru di kelas. Karenanya, sudah semestinya setiap guru harus mampu membuat modul ajar Kurikulum Merdeka dengan baik.[]