Pelaksanaan PAT secara Luring di SMP IT Masjid Syuhada

  • 2 June 2021
  • 124 views
Pelaksanaan PAT secara Luring di SMP IT Masjid Syuhada

Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk tahun ajaran 2020/2021 di SMP IT Masjid Syuhada diselenggarakan secara luring. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana PAT diselenggarakan secara daring (online). Keputusan penyelenggaraan PAT secara luring ini diambil berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada wali murid via Google Forms dua pekan sebelum PAT digelar. Dari angket tersebut, lebih dari 70 persen wali murid menyepakati pelaksanaan PAT luring.

Meski demikian, SMP IT Masjid Syuhada tetap memfasilitasi bagi para siswa yang menginginkan pelaksanaan PAT secara daring baik atas inisiatif sendiri maupun karena alasan khusus seperti riwayat bepergian ke luar kota atau karena masalah kesehatan tertentu. Bagi siswa yang menginginkan PAT secara daring, sekolah sudah memfasilitasi soal secara digital.

Selain itu, proses pelaksanaan PAT daring sendiri memakai format on camera [webcam/Google Meet]dan tetap mengikuti waktu sesuai jadwal. Panitia PAT juga telah memfasilitasi pengawas khusus untuk mengelola para siswa yang mengikuti PAT daring tersebut.

Sementara itu, bagi para siswa yang mengikuti PAT secara langsung di sekolah, wajib mengikuti segala protokol kesehatan dan peraturan ketat karena situasi pandemi. Para siswa dibagi dalam dua sesi PAT. Sesi 1 dilangsungkan mulai pukul 07.00-09.00 sementara sesi 2 dilangsungkan mulai pukul 10.00-12.00. Agar adil, pembagian sesi ini akan dirotasi sehingga semua siswa merasakan sesi 1 dan sesi 2. Disediakan sembilan ruang PAT dengan kapasitas ruang tidak melebihi 12 siswa.

Untuk penjemputan, para siswa tidak diperkenankan meninggalkan ruangan PAT sebelum ada konfirmasi penjemputan dari orangtua maupun angkutan daring. Para siswa yang tengah menunggu jemputan atau menunggu pelaksanaan sesi berikutnya disediakan tempat khusus untuk menghindari kerumunan. Selama mengikuti PAT, semua pihak tetap wajib menjaga protokol kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Dengan berbagai prosedur dan pengaturan protokol kesehatan sedemikian rupa, pelaksanaan PAT kali ini memakan waktu sampai sembilan hari, terhitung mulai tanggal 31 Mei-10 Juni 2021. Meski begitu, hal ini merupakan pilihan realistis mengingat situasi pandemi dan tentu saja demi memprioritaskan kebaikan, kesehatan, dan keselamatan bersama segenap warga sekolah.[]