Wisuda Akhirussanah Kelas IX Angkatan 2019/2020

  • Friday, 12 June 2020
  • 1,742 view
Wisuda Akhirussanah Kelas IX Angkatan 2019/2020

Alhamdulillah, pada hari Kamis-Jumat (11-12 Juni 2020), SMP IT Masjid Syuhada menyelenggarakan wisuda akhirussanah bagi siswa kelas IX angkatan 2019/2020. Di tengah pandemi virus Corona, pelaksanaan kegiatan wisuda akhirussanah kali ini tidak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, demi kenyamanan bersama, pihak panitia telah mengkondisikan acara sedemikiam rupa agar tetap berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi dalam wisuda akhirussanah ini. Semua peserta wisuda, baik panitia maupun tamu undangan, harus mengenakan masker. Sebelum memasuki area acara wisuda, para tamu undangan dicek suhu tubuhnya. Tamu undangan akan dipersilahkan masuk jika suhu tubuhnya normal (tidak demam tinggi di atas 37 derajat).

Pengecekan suhu tubuh peserta wisuda dan tamu undangan

Peserta wisuda wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki lokasi acara

Selain cek suhu tubuh, tamu undangan juga dipastikan sudah mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan. Posisi duduk para tamu undangan juga diatur berjarak agar tetap menerapkan physical distancing.

Physical distancing—jaga jarak antar peserta wisuda di lokasi transit

Hal yang sama juga diterapkan pada saat sesi pemotretan, penyerahan rapor, dan pengalungan samir. Setiap sesi acara wisuda dilakukan di tempat yang terpisah. Para siswa dibagi ke dalam beberapa kloter di mana setiap kloter terdiri dari 10 siswa. Para peserta yang menunggu giliran, disilahkan menunggu di tempat transit yang telah disediakan. Tentu saja, jarak antar peserta wisuda selama mengikuti acara diatur agar tidak berkerumun.

Meski wisuda akhirussanah tahun ini terlihat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, alhamdulillaah, secara umum acara dapat berjalan dengan lancar. Secara khusus, panitia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Komite SMP IT Masjid Syuhada dan FORSIMA Kelas IX atas kerjasama dan kontribusinya sehingga acara wisuda akhirussanah tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

Mengingat kondisi pandemi yang ada, pelaksanaan wisuda akhirussanah ini memang tidak bisa memakai sesi seremonial dan perayaan gegap gempita seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, semoga acara ini tetap dapat memberikan kesan mendalam—terutama pada segenap siswa dan wali murid kelas IX.

Semoga ilmu yang kalian peroleh selama menempuh pendidikan di SMP IT Masjid Syuhada dapat bermanfaat. Tetap semangat, tekun belajar, raih prestasi dan cita-cita kalian, serta jadilah insan yang ber-akhlaqul karimah.

Man jadda wajada!