Parenting FORSIMA Kelas VII tentang Kiat Mendampingi Anak yang Memasuki Masa Pubertas

  • 26 October 2020
  • 36 views
Parenting FORSIMA Kelas VII tentang Kiat Mendampingi Anak yang Memasuki Masa Pubertas Kegiatan Parenting yang diselenggarakan FORSIMA Kelas VII SMP IT Masjid Syuhada, Sabtu (24/10) kemarin

Masa pubertas merupakan salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan anak yang biasanya dimulai ketika anak memasuki usia remaja awal (sekitar 9-10 tahun ke atas). Pada masa ini, setiap anak mengalami fase peralihan, baik secara fisik maupun secara psikis. Kedua aspek perubahan tersebut tidak hanya membawa dampak pada aspek biologis semata, melainkan juga pada aspek sosial—khususnya terkait interaksi anak dengan orang lain (orangtua, saudara, teman, dan lingkungan masyarakat).

Masa pubertas seringkali menjadi momok mengerikan bagi para orangtua. Pada masa pubertas, seringkali anak mengalami beberapa permasalahan yang kompleks. Jika tidak diedukasi dengan bijak dan tepat, anak bisa terjebak pada pola pikir dan pola perilaku yang negatif.

Misalnya, perubahan biologis yang disikapi dengan mencari sembarang informasi dari internet karena merasa malu atau tabu untuk dibicarakan dengan orangtua. Hal ini justru akan membahayakan anak karena informasi dari internet belum tentu akurat dan seringkali masih perlu diurai dengan penjelasan lebih lanjut.

Dari segi interaksi sosial, masa pubertas juga sering ditandai dengan munculnya kecenderungan anak untuk curhat pada teman sebaya dibandingkan dengan orangtuanya. Jarak komunikasi antara orangtua dan anak semestinya bisa dihindari jika orangtua mampu mengembangkan pola komunikasi dan pengasuhan secara positif dan proaktif. Menyikapi hal-hal tersebut, orangtua perlu memperkaya diri dengan wawasan dan informasi yang tepat dalam menangani segala problematika anak ketika memasuki masa pubertas.

Masalah-masalah itulah yang diangkat dalam kegiatan parenting kali ini. Topik utama kegiatan parenting FORSIMA kelas VII ini adalah “Menjadi Orangtua Bijak dalam Mendampingi Anak di Masa Pubertas”. Kegiatan parenting ini dilaksanakan pada hari Sabtu (24/10) dan diikuti segenap wali murid kelas VII. Kegiatan diadakan di ruang kelas VII (lantai 3) di kompleks SMP IT Masjid Syuhada.

Acara dimulai dengan pembukaan yang diikuti dengan saritilawah yang dibacakan perwakilan siswa kelas VII SMP IT Masjid Syuhada. Acara berlanjut dengan sambutan dari Ustadzah Meilani Noor Khasanah selaku Kepala SMP IT Masjid Syuhada.

Setelahnya, acara berlanjut pada topik inti parenting yakni tentang menjadi orangtua bijak dalam mendampingi anak di masa pubertas. Bapak Irwan Nuryana Kurniawan, S. Pd. M. Si. tampil sebagai pembicara utama dalam sesi ini. Beliau menyampaikan banyak hal seputar kiat-kiat mengasuh anak yang mulai memasuki masa pubertas dengan segala kompleksitas problematikanya. Karena luasnya topik pembahasan, acara inti parenting diselingi dengan tanya jawab dan sharing dengan para peserta kegiatan parenting.

Mengingat situasi dan kondisi yang ada masih dalam masa pandemi COVID-19, acara parenting ini dikemas dalam dua sesi. Sesi pertama, yakni sesi untuk kelas VII A dan B, berlangsung pukul 08.30-11.00. Sementara sesi kedua, untuk kelas VII C dan D, berlangsung pukul 12.30-15.00. Pembagian sesi ini ditujukan untuk mencegah kerumunan peserta parenting serta untuk mengoptimalkan pembatasan jarak antarpeserta.

Rencananya, kegiatan parenting ini insya Allah akan berlanjut di kelas-kelas yang lain, baik kelas VIII maupun kelas IX. Diharapkan kegiatan parenting ini dapat memperluas cakrawala berpikir para peserta—khususnya seputar pola asuh dan sosialisasi di lingkup keluarga—serta semakin intens dalam mendampingi putra-putrinya belajar, baik di rumah maupun di sekolah.[]