SMP IT Masjid Syuhada Menggalang Donasi bagi Korban Semeru

  • Wednesday, 22 December 2021
  • 674 views
SMP IT Masjid Syuhada Menggalang Donasi bagi Korban Semeru

Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terdapat 127 gunung berapi aktif di Indonesia. Di antara jumlah tersebut, hanya 69 gunung yang dipantau oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi)—salah satunya adalah Gunung Semeru.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tergolong dalam kategori stratovulkanik. Memasuki bulan Desember 2021 ini, aktivitas vulkanik gunung tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Qadarullah, pada Sabtu sore (4/12) gunung Semeru mengalami erupsi besar yang memicu luncuran lava pijar dan awan panas.

Besarnya intensitas erupsi dan luasnya jangkauan luncuran awan panas menimbulkan jatuhnya sejumlah korban jiwa dalam bencana ini. Dampak laten erupsi semakin terasa setelah material vulkanik yang hanyut terbawa air hujan menimbulkan aliran lahar dingin yang merusak sejumlah jembatan vital antardesa di kawasan Semeru. Proses evakuasi dan pemberian bantuan pun sempat terkendala karena hal tersebut.

Menyikapi bencana tersebut, SMP IT Masjid Syuhada menggalang donasi bagi para korban erupsi Semeru. Informasi donasi disebarkan melalui pesan Whatsapp kepada segenap warga sekolah termasuk para wali siswa. Donasi dibuka selama sepekan, mulai tanggal 12-20 Desember 2021. Donasi yang terkumpul diserahkan kepada LAZIS Masjid Syuhada untuk disumbangkan kepada para korban terdampak erupsi Semeru di Jawa Timur.

Perwakilan SMP IT Masjid Syuhada memberikan hasil penggalangan donasi bagi korban Semeru kepada LAZIS Masjid Syuhada

Atas pemberian para donatur semuanya, SMP IT Masjid Syuhada menghaturkan terima kasih dan semoga menjadi ladang jariyah bagi para donatur sekalian. Jazaakumullahu khairan katsiiraan. Dan semoga, para korban erupasi Semeru senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT dalam menghadapi musibah ini.[]