Kajian Ramadhan #2: “Ditinggal Bulan Ramadhan?”

  • 24 April 2021
  • 15 views
Kajian Ramadhan #2: “Ditinggal Bulan Ramadhan?”

Sebagai rangkaian kegiatan semarak ramadhan 1442 H, SMP IT Masjid Syuhada kembali menggelar Kajian Ramadhan, Jumat (23/4) lalu. Tajuk kajian ramadhan kali ini adalah “Ditinggal Ramadhan pas Lagi Sayang-Sayangnya”. Acara tersebut diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Youtube melalui akun official SMP IT Masjid Syuhada.

Kajian ramadhan #2 ini dibersamai Ustadz Tarmidzi Taher (pengampu mapel Tahfidz putra SMP IT Masjid Syuhada) selaku pembicara utama. Dalam tausiyah-nya, Ustadz Tatmidzi memaparkan berbagai hal tentang bagaimana kita memaknai dan mengisi bulan Ramadhan ini sedemikian hingga kita tidak termasuk golongan mereka yang “ditinggalkan” oleh bulan Ramadhan itu.

Ustadz Tarmidzi menekankan bahwa bulan Ramadhan yang penuh berkah ini hendaknya diisi dengan memperbanyak amal shalih. Karena begitulah semestinya setiap muslim menghadapi datangnya bulan Ramadhan. Alih-alih, jika kita memilih untuk bersikap biasa saja dan menghadapi bulan Ramadhan tanpa persiapan atau tanpa target apapun, maka kita bisa saja termasuk golongan orang-orang yang “ditinggalkan” bulan Ramadhan. Dalam arti, kita tidak beroleh manfaat dan keberkahan yang bermakna selain hanya lapar dan dahaga.

Ustadz Tarmidzi mencontohkan berbagai contoh amalan yang bisa diperbanyak di bulan Ramadhan ini antara lain shalat-shalat sunnah dan tadarus Al-Qur’an. Di sela-sela materi utama, Ustadz Tarmidzi juga menyisipkan game-game ringan sebagai selingan sehingga kajian pada sore itu bisa lebih cair dan menyenangkan. Semoga kajian ramadhan ini bisa bermanfaat dan membuka cakrawala berpikir kita semua, terutama untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah serta memotivasi diri untuk mengisi bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal shalih.

Kajian ramadhan ini adalah agenda rutin yang insya Allah diadakan setiap hari Jumat. Acara ini juga menjadi salah satu rangkaian agenda semarak ramadhan 1442 H yang diselenggarakan SMP IT Masjid Syuhada.[]