Kajian Ramadhan #3: Taddabur Surat Al-Qadr

  • 30 April 2021
  • 133 views
Kajian Ramadhan #3: Taddabur Surat Al-Qadr

Sebagai rangkaian kegiatan semarak ramadhan 1442 H, SMP IT Masjid Syuhada kembali menggelar Kajian Ramadhan, pada hari Jumat (30/4). Tajuk kajian ramadhan kali ini adalah “Taddabur Surat Al-Qadr”. Acara tersebut diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Youtube melalui akun official SMP IT Masjid Syuhada.

Kajian dibuka dengan tadarus Al-Qur’an dan pembacaan surat Al-Qadr bersama-sama. Adapun pembateri utama dalam kajian ramadhan #3 ini adalah Ustadz Ihsan Febiyanto (pengampu mapel Tahfidz putra SMP IT Masjid Syuhada).

Sebelumnya, Ustadz Ihsan memberikan pengantar terlebh dahulu tentang urgensi taddabur ayat-ayat Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Karena tidak semua orang memiliki ilmu dan kapasitas untuk mencapai taraf tafsir, maka taddabur adalah pilihan yang bisa diambil untuk menyelami, mendalami, dan memahami hikmah di balik ayat-ayat Al-Qur’an.

Kajian Ramadhan#3: Taddabur Surat Al-Qadr secara daring via Zoom Meeting, Jumat (30/4)

Dalam tausiyah-nya, Ustadz Ihsan memaparkan berbagai hal tentang lailatul qadr—sebuah malam yang disebut-sebut lebih baik daripada seribu bulan. Fenomena lailatul qadr terjadi pada salah satu malam di bulan Ramadhan. Pada malam lailatul qadr, terdapat banyak keutamaan dan keberkahan yang bisa diraih. Karenanya, tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya demi bisa meraih keutamaan dan keberkahan lailatul qadr.

Lebih jauh, Ustadz Ihsan menjelaskan tentang ciri-ciri datangnya lailatul qadr. Beliau berpesan agar kita semua senantiasa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan ini. Terlebih, mengingat saat ini kita telah melewati separuh bulan Ramadhan. Dengan memperbanyak amalan-amalan ibadah kita secara ikhlas, baik tadarus Al-Qur’an, sholat-sholat sunnah, infaq, maupun iktikaf, insya Allah kita akan mendapati lailatul qadr tersebut. Minimal, kita bisa beroleh keberkahan dari lailatul qadr tersebut.

Setelah tausiyah dari Ustadz Ihsan, di akhir kajian, Ustadz Rizal Faturrohman menginformasikan daftar pemenang lomba keagamaan internal yang diadakan SMP IT Masjid Syuhada. Adapun cabang-cabang lomba yang diadakan yaitu: lomba adzan, lomba ceramah, lomba kaligrafi, dan lomba tilawah.

Kajian ramadhan ini adalah agenda rutin yang insya Allah diadakan setiap hari Jumat. Acara ini juga menjadi salah satu rangkaian agenda semarak ramadhan 1442 H yang diselenggarakan SMP IT Masjid Syuhada. Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menambah pengetahuan keagamaan kita serta mempertebal keimanan dan ketakwaan kita semuanya. Aamiin…[]