Kegiatan Khotmil Qur’an#1 SMP IT Masjid Syuhada dalam Semarak Ramadhan 1442 H

  • 23 April 2021
  • 9 views
Kegiatan Khotmil Qur’an#1 SMP IT Masjid Syuhada dalam Semarak Ramadhan 1442 H

Sebagai rangkaian kegiatan Semarak Ramadhan 1442 H, SMP IT Masjid Syuhada menggelar acara Khotmil Qur’an#1 secara daring, Kamis (22/4) lalu. Acara tersebut diadakan melalui Zoom Meeting dan diikuti segenap ustadz/ustadzah dan siswa SMP IT Masjid Syuhada.

Acara dibuka terlebih dahulu dengan sambutan dan pengarahan dari Ustadz Muh. Tahir selaku ketua pelaksana kegiatan. Karena kegiatan Khotmil Qur’an ini diadakan secara daring, para peserta perlu mendapat penjelasan terkait teknis acara terlebih dahulu. Selama kegiatan Khotmil Qur’an, para peserta akan dimoderatori oleh Ustadz Tarmidzi Taher selaku admin Zoom Meeting tersebut.

Pada dasarnya, Khotmil Qur’an secara daring ini sama dengan kegiatan Khotmil Qur’an langsung yang biasa diadakan SMP IT Masjid Syuhada setiap bulan Ramadhan. Bedanya hanya terletak pada media yang dipakai untuk menjembatani komunikasi tidak langsung antarpeserta acara.

Para peserta Khotmil Qur’an ini dibagi dalam kelompok-kelompok (memanfaatkan fitur Breakout Room pada aplikasi Zoom). Setiap kelompok dipandu oleh 1-2 Ustadz/Ustadzah untuk menyelesaikan bacaan satu juz. Setiap kelompok diberi waktu kurang lebih 45 menit untuk menyelesaikan bacaannya. Setelah 45 menit, secara otomatis para peserta akan kembali ke room utama untuk melanjutkan rangkaian acara.

Khotmil Qur’an ini diakhiri dengan membaca surat-surat pendek mulai dari At-Takatsur sampai dengan An-Naas. Setelahnya, acara ditutup dengan doa yang dimpimpin Ustadz Arif Taba Nasuha.[]