Sosialisasi Asesmen Kelas IX Tahun Ajaran 2022/2023

  • Saturday, 18 March 2023
  • 669 views
Sosialisasi Asesmen Kelas IX Tahun Ajaran 2022/2023

Memasuki pertengahan Bulan Maret ini, kegiatan akademik khususnya bagi siswa kelas IX mengalami pemadatan. Setelah sepekan sebelumnya, siswa kelas IX menempuh Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap, selang sehari kemudian para siswa sudah harus menghadapi simulasi PPAD DIY hingga hari Jumat (17/3/2023) lalu.

Informasi terbaru, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menghimbau agar Ujian Sekolah dilaksanakan sebelum libur lebaran. Adapun waktu pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing sekolah. Karena itu, agar Ujian Sekolah tidak terlalu berdekatan dengan pelaksanaan Asesmen Daerah (yang semuanya dilaksanakan setelah libur lebaran), sekolah memutuskan untuk memajukan pelaksanaan Ujian Sekolah menjadi tanggal 30 Maret-6 April 2023.

Menyikapi perubahan-perubahan tersebut, pada Sabtu (18/3/2023), SMPIT Masjid Syuhada melangsungkan sosialisasi kegiatan ujian (asesmen) bagi kelas IX untuk tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Aula Masjid Syuhada dan dihadiri segenap orangtua/wali siswa kelas IX dan tim kurikulum SMPIT Masjid Syuhada.

Sosialisasi asesmen tersebut dirasa penting untuk memberikan gambaran umum terkait waktu dan teknis pelaksanaan ujian bagi siswa kelas IX. Apalagi, pelaksanaan ujain kali ini ‘berhimpitan’ dengan kegiatan selama bulan Ramadhan, termasuk libur awal Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri. Rinciannya, dalam waktu dekat ini kelas IX akan menempuh agenda Ujian Sekolah 30 Maret-6 April 2023 dan TPMBK Tahap 2 (10-13 April 2023).

Dengan tersosialisasikannya agenda ujian kelas IX ini, diharapkan para orangtua/wali siswa kelas IX dapat mendukung kegiatan-kegiatan akademik sekolah serta memberikan motivasi dan memantau aktivitas belajar siswa selama berada di rumah. Sinergi yang terjalin dengan baik antara sekolah dan orangtua/wali siswa sangat dibutuhkan guna mensukseskan rangkaian agenda asesmen kelas IX. Implikasinya, semoga dengan ikhtiar tersebut, siswa kelas IX dapat menjalani ujian dengan lancar serta dapat meraih hasil dan prestasi yang semaksimal mungkin. Aamiin.[]