Rangkaian Kegiatan Semarak Idul Adha 1441 Hijriyah secara Daring

  • Tuesday, 4 August 2020
  • 1,905 view
Rangkaian Kegiatan Semarak Idul Adha 1441 Hijriyah secara Daring

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan Idul Adha kali ini tidak memungkinkan dilaksanakan secara langsung. Situasi pandemi COVID-19 yang belum menunjukkan tren penurunan, khususnya di Kota Yogyakarta, mengharuskan rangkaian kegiatan Idul Adha dilaksanakan secara daring (online).

Menyikapi hal tersebut, segenap tim Panitia Idul Adha SMP IT Masjid Syuhada sudah mengagendakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Idul Adha, meski sebagian dilaksanakan secara daring. Ada 3 kegiatan utama yang disiapkan, yakni kajian online bersama Ustadz Adi Abdillah, lomba-lomba keagamaan, dan pembagian daging qurban (bekerjasama dengan panitia qurban Masjid Syuhada).

Kajian bersama Ustadz Adi Abdillah

Acara kajian bersama Ustadz Adi Abdillah ini disiarkan secara live lewat akun instagram SMP IT Masjid Syuhada dan dimoderatori oleh Ustadz Tarmidzi  Taher. Kajian dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Muhammad Sakha (siswa kelas 9A). Setelahnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ustadzah Meilani Noor Khasanah selaku Kepala SMP IT Masjid Syuhada.

Kjian Ustadz Adi Abdillah secara Live di Instagram SMP IT Masjid Syuhada dalam rangka Semarak Idul Adha 1441 H

Dalam sambutannya, Ustadzah Meilani menghaturkan terima kasih kepada segenap panitia Idul Adha SMP IT Masjid Syuhada yang telah berupaya maksimal dalam menyelenggarakan rangkaian semarak kegiatan Idul Adha meski di tengah situasi pandemi COVID-19. Beliau juga berpesan agar di hari-hari Arafah ini, kita senantiasa memperbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Kiranya, dengan begitu kita akan beroleh keberkahan dan ampunan dari-Nya serta dapat memaknai Idul Adha sebagaimana mestinya.

Memasuki acara ini, kajian disampaikan langsung oleh Ustadz Adi Abdillah. Selama hampir satu jam, beliau menyampaikan bnayak hal seputar qurban. Mulai dari latar belakang ibadah qurban, kisah Nabi Ibrahim dan Ismail, dan keutamaan-keutamaan ibadah qurban.

Menurut Ustadz Adi, qurban adalah manifestasi dan perwujudan kecintaan manusia kepada Allah SWT. Sebagai Dzat yang mengatur segala isi jagad raya dengan penuh rahmaan dan rahiim, sudah semestinya manusia menunjukkan bukti cinta yang nyata pada Sang Khaliq, di antaranya melalui ibadah qurban tersebut.

Betapa besarnya nilai ibadah qurban, hingga dalam suatu riwayat disebutkan bahwa pada setiap helai bulu/rambut dan tetes darah hewan yang disembelih itu (yang tak terhitung banyak jumlahnya), terdapat nilai pahala kebaikan. Masya Allah. Allahu Akbar!

Menjelang akhir kajian, diadakan juga sesi tanya jawab bilamana ada audience yang ingin menanyakan perihal topik yang disampaikan Ustadz Adi Abdillah. Setelah sesi tanya jawab usai, kajian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Adi Abdillah. Semoga ilmu yang beliau sampikan dapat memberi pencerahan pada kita semuanya. Jazakallaahu katsiran, Ustadz.

Rangkaian Lomba-Lomba Keagamaan Idul Adha

Meski di rumah saja, para peserta didik dapat turut berpartisipasi menyambut Idul Adha dengan mengikuti rangkaian perlombaan keagaaan SMP IT Masjid Syuhada. kegiatan perlombaan tersebut dilangsungkan secara daring, sehingga setiappeserta didik berkesempatan utnuk berperan aktif di dalamnya.

Ada tiga cabang lomba yang diselenggarakan secara daring, yakni Olimpiade Agama, lomba poster, dan lomba ceramah daring. Masing-masing kategori lomba akan dibedakan antara kelas Putra dan kelas Putri. Setiap cabang lomba akan memilih 3 orang pemenang, masing-masing meraih titel Juara 1, 2, dan 3. Selain itu, perolehan skor setiap peserta didik pemenang lomba akan diakumulasikan menjadi nilai kelas yang diwakilinya untuk memperebutkan kategori Juara Umum.[]

Berikut ini hasil lomba-lomba keagamaan dalam rangkaian kegiatan Semarak Idul Adha SMP IT Masjid Syuhada tahun 2020:

*

Olimpiade Keagamaan (Putra)

Juara 1 : M. Wahid Al Hasany (8B)

Juara 2 : Qinarsyah Maulana (7B)

Juara 3 : M. Taqy Fatecha (7B)

Olimpiade Keagamaan (Putri)

Juara 1 : Afifah Rahma (7D)

Juara 2 : Fatiya Mufida (9D)

Juara 3 : Naufa Hanin (8D)

*

Lomba Poster (Putra)

Juara 1 : Panglima Yuka (7A)

Juara 2 : Nabil Abizar (9A)

Juara 3 : Hakan Ghulwani (7B)

Lomba Poster (Putri)

Juara 1 : Dini Yahya (9C)

Juara 2 : Noviana Mutia (9D)

Juara 3 : Maritsa Firli (9C)

*

Lomba Ceramah Daring(Putra)

Juara 1 : Qinarsyah Maulana (7B)

Juara 2 : Danan Walisongo (9B)

Juara 3 : Sang Bathara Arka (8A)

Lomba Ceramah Daring (Putri)

Juara 1 : Dafirah Jaya Wita (8D)

Juara 2 : Baiq Zakiya (7C)

Juara 3 : Rafeyfa Qanita (8C)

*

Juara Umum

Kelas 7B