Semarak Kegiatan Pelatihan Qurban SMP IT Masjid Syuhada

  • Thursday, 15 August 2019
  • 775 views
Semarak Kegiatan Pelatihan Qurban SMP IT Masjid Syuhada Semarak Kegiatan Pelatihan Qurban SMP IT Masjid Syuhada

Sebagai rangkaian peringatan hari raya Idul Adha, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan pelatihan qurban bagi para peserta didiknya, Senin (12/8). Kegiatan tersebut bekerjasama dengan pihak Yayasan Masjid Syuhada. Kegiatan pelatihan qurban tersebut diikuti oleh para peserta didik kelas IX SMP IT Masjid Syuhada di kompleks Masjid Syuhada.

Ada dua acara utama dalam kegiatan pelatihan qurban ini, yakni prosesi qurban itu sendiri serta lomba membuat hidangan olahan dari buah-buahan. Para peserta didik kelas IX yang telah dibagi dalam kelompok secara bergiliran mengikuti dua acara tersebut.

Dalam kegiatan pelatihan qurban, para peserta didik dapat menyaksikan langsung prosesi penyembelihan hewan qurban secara syar’i. Selain itu, mereka juga turut membantu dalam pengolahan dagingnya. Kegiatan penjagalan dan pengolahan daging qurban dilaksanakan di halaman SD IT Masjid Syuhada.

Sementara untuk kegiatan lomba membuat hidangan olahan berbahan buah-buahan diadakan di kompleks SMP IT Masjid Syuhada. Peserta didik bersama kelompoknya masing-masing membuat beraneka jenis makanan olahan dari berbagai jenis buah-buahan. Setiap kelompok menyediakan sendiri buah-buahan yang akan diolah sesuai kesepakatan kelompok. Hidangan utama yang harus disediakan oleh setiap kelompok adalah lutisan dan es buah. Begitu lomba dimulai, atmosfer sekolah berubah layaknya pasar buah. Para peserta didik tampak antusias mengikuti jalannya perlombaan.

IMG_1363

Sekitar 3,5 jam perlombaan berlangsung, setiap kelompok sudah mengumpulkan hidangan hasil kerja kelompoknya. Tampilan dan komposisi hidangan yang tersaji memang sangat bervariasi. Begitu juga dengan cita rasa yang dihasilkan. Ada yang terlalu masam, terlalu manis, kurang berasa, tapi tidak sedikit pula yang mampu meracik bumbu yang pas. Semuanya tidak menyurutkan semangat dan semarak rangkaian kegiatan Idul Adha tahun ini. Jelang Dzuhur, kegiatan pelatihan qurban ditutup dengan santap siang dan pembagian daging bagi para sohibul qurban.