122 Peserta Didik SMP IT Masjid Syuhada Ikuti Kegiatan Manasik Haji

  • Friday, 9 August 2019
  • 740 views
122 Peserta Didik SMP IT Masjid Syuhada Ikuti Kegiatan Manasik Haji ilustrasi aktivitas menulis

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang hukumnya “wajib” bagi muslim yang mampu. Sebagai salah satu ritual ibadah yang penting dalam khasanah agama Islam, setiap umat Islam seyogyanya memiliki wawasan khusus seputar ibadah tersebut.

Karena itu, sebagai sarana memperkenalkan ibadah haji kepada para peserta didik, sebanyak 122 peserta didik SMP IT Masjid Syuhada mengikuti kegiatan manasik haji, Kamis (8/8) lalu. Rinciannya, 112 orang dari kelas VII serta 10 orang dari kelas VIII dan IX. Kegiatan tersebut dilaksanakan di areal kompleks Masjid Syuhada. Kegiatan ini secara serentak diikuti oleh segenap peserta didik TK-SD-SMP IT Masjid Syuhada.

Manasik haji yang digelar berisikan simulasi rangkaian aktivitas para jamaah haji secara menyeluruh, mulai dari miqot yamani, tawaf, minum zam-zam, wukuf di Arafah, sa’i, tahalul, hingga melempar jumrah. Selama mengikuti prosesi manasik, para peserta didik dan guru pendamping memakai kain ihram lengkap layaknya para jamaah haji sesungguhnya. Dengan kegiatan ini, para peserta didik diharapkan dapat lebih memahami tata cara dan urgensi ibadah haji dalam agama Islam serta membangkitkan motivasi untuk melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya di masa mendatang.