Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP IT Masjid Syuhada Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Thursday, 18 July 2019
  • 1,669 view
Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP IT Masjid Syuhada Tahun Pelajaran 2019/2020 Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP IT Masjid Syuhada

Sebanyak 112 peserta didik baru mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMP IT Masjid Syuhada selama tiga hari, Senin-Rabu (15-17 Juli 2019). Sebagaimana namanya, kegiatan PLS kali ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah, tata tertib, dan program-program akademiknya. Selain itu, melalui kegiatan PLS, para peserta didik baru diharapkan dapat membina kerjasama, komunikasi, dan keakraban dengan sesama rekan-rekan barunya serta para guru dan karyawan SMP IT Masjid Syuhada.

Pada hari pertama, kegiatan PLS dibuka dengan apel pagi. Setelahnya, peserta didik baru mendapat materi seputar wawasan wiyata mandala, kesiswaan, program akademik, dan pengenalan lingkungan sekolah. Keempat materi tersebut merupakan pengetahuan dasar bagi setiap peserta didik baru dalam kegiatan PLS.

Pada hari kedua, kegiatan PLS dikemas dalam kegiatan yang lebih santai dengan wide games. Wide games tersebut lebih ditujukan untuk mengasah kerjasama, tanggungjawab, dan menjalin komunikasi serta keakraban antar peserta didik baru yang notabene masih belum saling kenal. Setelahnya, kegiatan PLS hari kedua dirangkai dengan latihan baris berbaris (PBB).

Pada hari ketiga, kegiatan difokuskan pada pentas seni dan display ekstrakulikuler. Sebagai informasi, SMP IT Masjid Syuhada memiliki beragam ekstrakulikuler yang bisa dipilih, antara lain: robotik, bela diri, futsal, BSMR, tari ratoe djaroe, rebana, acapella, dan bahasa inggris. Dalam sesi display ekstrakulikuler tersebut, setiap ekstrakulikuler menampilkan beberapa perwakilannya untuk berbagi informasi seputar profil, kegiatan, dan prestasi-prestasi kejuaraan yang pernah diraih.

Para peserta didik baru dipersilahkan memilih kegiatan ekstrakulikuler yang diminati untuk mengembangkan bakat dan minat di luar kegiatan akademik di kelas. Siapa tahu, berawal dari kegiatan ekstrakulikuler tersebut, bakat dan minat peserta didik lebih terasah dan dapat menjadi batu loncatan untuk menggapai prestasi yang lebih gemilang. Akhir kata, kami mengucapkan selamat datang bagi para peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020. Selamat menjadi bagian dari keluarga besar SMP IT Masjid Syuhada.