Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di SMP IT Masjid Syuhada Tahun 2018

  • Wednesday, 18 April 2018
  • 537 views
Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di SMP IT Masjid Syuhada Tahun 2018

IMG-20180425-WA0001

Tuntunan syariat mengajarkan kepada kita bahwa sholat adalah tiang agama. Sebegitu pentingnya ibadah sholat, sampai-sampai timbangan amalan seseorang bergantung dari sholatnya. Jika sholatnya baik, maka diterimalah seluruh amalan orang tersebut. Sebaliknya, jika amalan sholat seseorang rusak, maka tertolaklah seluruh amalan orang itu. Karenanya, tidak patut rasanya jika seorang muslim memandang remeh perkara sholat yang hanya 5 kali dalam sehari.

Demikian salah satu petikan tausiyah yang disampaikan Bapak Arif Taba Nasuha dalam peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan SMP IT Masjid Syuhada kemarin Selasa (17/4/2018). Acara tersebut dihelat di ruang utama Masjid Syuhada dan diikuti segenap guru dan siswa SMP IT Masjid Syuhada.

Acara peringatan Isra Mi’raj tersebut diawali dengan kegiatan sholat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan dzikir bersama. Selepas sholat, Bapak Arif Taba Nasuha menyampaikan tausiyahnya dengan tema Isra Mi’raj dan keutamaan ibadah sholat. Disebutkan bahwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra Mi’raj adalah sesuatu yang ajaib yang menggugah iman kita. Speerti yang telah kita ketahui bersama, dalam peristiwa tersebut, Nabi Muhammad SAW “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsa (Palestina) kemudian diangkat naik hingga menembus puncak langit tertinggi (Sidratul Muntaha) hanya dalam waktu semalam.

Dari peristiwa Isra Mi’raj, umat Islam mendapat perintah sholat 5 waktu. Perintah sholat inilah yang akan menjadi tiang agama, yang akan dihisab pertama kali di Hari Akhir. Sedemikian pentingnya ibadah sholat sehingga kita harus senantiasa menjaganya, lebih-lebih sholat berjamaah.

Selain itu, Bapak Arif Taba Nasuha juga berpesan agar kita senantiasa berlatih memperbanyak aktivitas sholat sunnah. Disebutkan bahwa sholat sunnah tersebut nantinya dapat menjadi ibadah tambahan yang menyempurnakan pahala ibadah wajib. Dengan begitu, sebagai muslim yang mengaku taat dan beriman pada Allah, hendaknya kita senantiasa menjaga amalan-amalan wajib dan berupaya menyempurnakannya dengan amalan-amalan sunnah. Sungguh ironis, jika perintah sholat yang hanya 5 kali dalam sehari ini terasa berat bagi kita.

IMG-20180425-WA0002

Setelah usai menyampaikan tausiyah, kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Para siswa dibagi ke dalam kelompok berisikan 4 orang. Para siswa diminta mendiskusikan beberapa pertanyaan seputar Isra Mi’raj dan ibadah sholat yang tersaji dalam sebuah lembar kerja. Selama kegiatan diskusi tersebut para siswa boleh saling bertanya atau berbagi pendapat dengan teman sekelompoknya. Setelah selesai, hasil diskusi dituliskan pada lembar kerja secara mandiri oleh setiap siswa.

Seusai diskusi kelompok, kegiatan peringatan Isra Mi’raj SMP IT Masjid Syuhada ditutup dengan doa bersama untuk kelas IX yang dipimpin oleh Bapak Arif Taba Nasuha. Setelahnya para siswa saling bersalam-salaman dengan guru dan para rekan siswa lainnya, lalu keluar masjid dengan tertib.