Bertilawah bersama Pondok Ramadhan SMP IT Masjid Syuhada 2018

  • Wednesday, 6 June 2018
  • 500 views
Bertilawah bersama Pondok Ramadhan SMP IT Masjid Syuhada 2018

IMG-20180606-WA0015

Kegiatan pondok ramadhan kembali digelar SMP IT Masjid Syuhada. Acara ini dihelat selama tiga hari, 4-6 Juni 2018 dengan melibatkan segenap guru dan karyawan serta para siswa kelas VII dan VIII. Kegiatan pondok ramadhan kali ini dibagi dalam dua sesi. Kegiatan kelas VII dilangsungkan pada 4-5 Juni, sedangkan kelas VIII dilangsungkan pada 5-6 Juni 2018.

Pondok ramadhan di SMP IT Masjid Syuhada kali ini mengusung tema “Bertilawah di Bulan Barokah”. Seperti temanya, fokus utama dalam rangkaian kegiatan pondok ramadhan tersebut adalah kegiatan mempelajari Al-Qur’an. Karenanya, pondok ramadhan ini juga diintegrasikan dengan kegiatan ujian tahfidz yang berlangsung mulai pukul 09.00-11.00 di kompleks SMP IT Masjid Syuhada.

Pada saat pembukaan, kepala SMP IT Masjid Syuhada, Meilani Noor Khasanah menekankan pentingnya memperbanyak amalan-amalan ibadah karena bulan suci Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. Bu Meilani juga berpesan agar kita lebih menghargai esensi bulan suci Ramadhan dan mengisinya dengan amal-amal shaleh karena belum tentu kita dapat berjumpa lagi dengan Ramadhan tahun depan.
IMG-20180606-WA0012

Adapun kegiatan lain yang dilangsungkan pada pondok ramadhan kali ini antara lain: lomba Cerdas Cermat Tahfidz, tadarus bersama, buka bersama, diskusi dan khotmil Qur’an. Diharapkan dengan rangkaian kegiatan tersebut para peserta pondok Ramadhan dapat tergerak untuk lebih mengakrabi kitab suci Al-Qur’an dan tak jemu mempelajarinya. Terlebih, bulan suci Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Alangkah bijaknya jika kita menjadikan bulan suci ini sebagai momentum untuk memperdalam khasanah keilmuan dan pengetahuan kita tentang Al-Qur’an.[]