Malam Bina Iman dan Taqwa SMP IT Masjid Syuhada 2018

  • Saturday, 29 September 2018
  • 595 views
Malam Bina Iman dan Taqwa SMP IT Masjid Syuhada 2018

IMG-20180929-WA0010

Kegiatan pembelajaran agama Islam di sekolah tidak hanya mengacu pada pencapaian prestasi siswa di kelas saja. Pembelajaran agama yang optimal juga harus mengacu pada tingkat keberhasilan dalam membentuk kebiasaan siswa di luar jam pelajaran. Untuk mencapai kondisi tersebut, diperlukan berbagai macam metode dan pendekatan belajar yang memungkinkan siswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai dan ritus ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari secara konkrit.

Atas dasar tersebut, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk kelas VII, VIII, dan IX. Kegiatan MABIT berlokasi di kompleks SMP IT Masjid Syuhada. Waktu pelaksanaan MABIT setiap jenjang kelas berbeda-beda. MABIT kelas VII diadakan pada tanggal 7-8 September 2018, MABIT Kelas VIII diadakan pada tanggal  14-15 September 2018 dan MABIT Kelas IX diadaka pada tanggal 28-29  September 2018.

Sebagaimana namanya, kegiatan MABIT berfokus pada pengembangan karakter, pendalaman materi, dan implementasi pembelajaran keagamaan dalam aktivitas sehari-hari. Karena itu, fokus kegiatan MABIT tidak sama—disesuaikan dengan jenjang kelasnya. Secara umum, kegiatan pokok dalam MABIT berisikan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti tadaruz Al-Qur’an, kajian, renungan malam, qiyamul lail, dan khotmil Qur’an. Khusus untuk kelas IX, kegiatan MABIT terintegrasi dengan kegiatan TPM (Pendalaman Materi) untuk menambah kesiapan siswa kelas IX jelang Ujian Nasional. Selain itu, ada pula beberapa kegiatan suplemen untuk mempersiapkan siswa menyusun rencana kelulusan seperti Achieved Motivation Training (AMT) dan sharing dengan alumni.