Tari Saman Tari Saman SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada

Tari Saman

Tari Saman terhitung sebagai cabang ekstrakurikuler baru di SMP IT Masjid Syuhada. Tari Saman merupakan jenis tari terkenal dari Suku Gayo di Aceh. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bali, 24 November 2011 silam.

Ciri khas Tari Saman adalah koreografi gerakannya yang sporadis, ritmis, namun tetap mempertahankan estetika komposisi dan keluwesan gerakan para penarinya. Tari saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang disinkronisasikan dengan gerakan menghempaskan badan ke berbagai arah.

Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut syekh. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna. Jadi, ketika kalian mampu menguasai Tari Saman ini bersama kelompok tarimu, hasil akhir tariannya pasti akan sangat sangat keren!

Yuk, jadi bagian dari ekstrakurikuler Tari Saman!