Program Intensif Belajar #3 SMP IT Masjid Syuhada Siapkan Siswa Jelang Ujian Nasional

  • Monday, 18 March 2019
  • 416 views
Program Intensif Belajar #3 SMP IT Masjid Syuhada Siapkan Siswa Jelang Ujian Nasional

pijar 2019 FIX EXPORT

Salah satu indikator kesuksesan sebuah sekolah adalah menghantarkan siswa lulus dengan nilai optimal. Dalam rangka mempersiapkan siswa kelas IX, sukses Ujian Nasional (UNBK dan USBN), maka SMP IT Masjid Syuhada mengadakan beberapa kegiatan untuk mempersiapkan siswa kelas IX, baik secara rohani maupun fisik, salah satunya adalah Program Intensif Belajar (PIJAR).

IMG-20190321-WA0002

Kegiatan PIJAR tahun ini mengusung konsep yang agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, kegiatan PIJAR dikemas dalam tiga edisi, PIJAR#1, PIJAR#2, dan PIJAR#3.

Untuk kegiatan PIJAR#1 dan PIJAR#2 masing-masing diadakan tanggal 23 november 2018 dan  22 Februari 2019. Fokus kedua kegiatan tersebut adalah pendalaman materi intensif untuk mata pelajaran-mata pelajaran UNBK (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Kegiatan PIJAR#1 dan PIJAR#2 membiasakan siswa dengan simulasi latihan-latihan soal beserta pembahasan dan tips-tips menyelesaikan soal tersebut. Melalui kegiatan tersebut, para siswa diharapkan lebih termotivasi untuk belajar serta lebih siap dan adaptif dalam menghadapi soal-soal UNBK berikut varian-varian soalnya.

IMG-20190321-WA0007

Sementara kegiatan PIJAR#3 diadakan tanggal 16 Maret 2019 lalu. Dalam kegiatan ini, kegiatan pendalaman materi dan latihan soal disinergikan dengan acara diskusi dan silaturahmi antara siswa, guru, dan wali murid serta beberapa perwakilan alumni. Kegiatan pendalaman materi diadakan dari pagi hingga siang, dilanjutkan dengan makan siang dan ramah-tamah siswa-guru-wali murid, serta diakhiri dengan sharing bersama alumni.

Dialog terbuka antara guru dan wali murid diharapkan mampu membina komunikasi dan kerjasama yang positif agar siswa lebih terkondisikan untuk belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Sementara para alumni yang hadir dalam PIJAR#3 berkesempatan untuk sharing tentang berbagai pengalamannya seperti kiat-kiat menghadapi ujian, memilih sekolah lanjutan, sampai tips-tips agar tidak takut jelang ujian nasional.

IMG-20190321-WA0008

Sehubungan dengan waktu pelaksanaan ujian nasional yang tinggal menghitung hari, semoga para siswa kelas IX dapat menyiapkan diri mereka masing-masing dengan baik dan tetap menjaga optimisme saat ujian berlangsung. Aamiin.