WORKSHOP PENDIDIKAN YASMA SYUHADA YOGYAKARTA

  • Wednesday, 18 May 2011
  • 1,140 view
WORKSHOP PENDIDIKAN YASMA SYUHADA YOGYAKARTA

Yayasan Masjid dan Asrama (YASMA) Syuhada Yogyakarta berkerjasama dengan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) menyelenggarakan Workshop Pendidikan dengan tema “Cerdas Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Mei 2011 bertempat di Balai Bahasa Yogyakarta dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Kegiatan workshop pendidikan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan TK, SD, dan SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta yang berjumlah sekitar 100 peserta.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Bidang Pendidikan Dr. Harry Sulistya pada pukul 08.30 WIB. Dalam pembukaan kegiatan ini, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Pendidikan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru dan karyawan TK, SD, dan SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin minimal 2 kali dalam 1 tahun. Selain itu, diharapkan hal ini dapat meningkatkan pelayanan guru-guru terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang rata-rata ada pada setiap jenjang pendidikan di YASMA SYUHADA ini.

Kegiatan Workshop Pendidikan ini terbagi menajadi 2 sesi, yaitu :

Sesi I :

Materi : “Motivasi Sebagai Pendidik”

Pemateri : Dr. Muqowim, M.Ag (Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga/Trainer)

Dalam Sesi I ini, beliau memberikan kiat-kiat dalam mencintai dan menikmati pekerjaan guru sebagai pekerjaan yang sangat mulia. Selain itu juga, disampaikan motivasi-motivasi kepada peserta untuk dapat lebih berkiprah dan mempunyai mimpi dan cita-cita di masa yang akan datang (masa depan)

Sesi II :

Materi : “Cerdas Mendidik ABK”

Pemateri :

  • Tri Winarsih, S.Psi. (Laboratorium PAUD Inklusi Fak Psikologi UGM)
  • Ni Nyoman Riskia Chairunnisa Wijaya (ABK)
  • Bayu Priatnawati (Orang Tua)

Dalam sesi II ini, pemateri menyampaikan pengalaman bagaimana mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Selain itu, peserta diajak untuk share dengan pemateri mengenai cara dan kiat-kiat dalam mendeteksi secara dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan mengembangkan bakat yang ada pada anak tersebut.

Banyak ilmu dan pengalaman yang dapat diserap dalam kegiatan Worshop Pendidikan ini. Semoga ilmu yang terima dapat bermanfaat dalam mengembangkan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK, SD, dan SMP IT Masjid Syuhada Khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya….