Siswa SMP IT Masjid Syuhada Meraih Medali Emas dalam Turnamen Pencak Silat Yogyakarta Championship 4

  • 25 October 2018
  • 214 views
Siswa SMP IT Masjid Syuhada Meraih Medali Emas dalam Turnamen Pencak Silat Yogyakarta Championship 4

Perwakilan Pencak Silat SMP IT Masjid Syuhada berhasil menorehkan hasil apik dalam turnamen Pencak Silat Yogyakarta Championship 4 yang dihelat pada tanggal 23-24 September 2018 lalu. Pada turnamen yang digelar di GOR Amongrogo tersebut, dua siswa SMP IT Masjid Syuhada berhasil meraih medali juara. Mereka adalah Faza Zaidan (8A)—meraih medali perunggu dan Aliya Sabila Ayundatama (7C)—meraih medali emas.

Dalam turnamen tersebut, baik Faza maupun Aliya harus berjibaku berduel sengit dengan lawan-lawannya untuk mencapai final. Karena turnamen memakai “sistem gugur” (peserta yang kalah tanding akan langsung angkat koper), mereka harus berupaya keras agar tidak cepat kalah saat bertanding. Alhamdulillaah, setelah terlibat duel yang cukup alot dengan lawan-lawannya, Faza dan Aliya berhasil menapak babak semifinal. Sayangnya, langkah Faza harus terhenti pada babak ini setelah dikalahkan peserta asal Jawa Tengah. Meski begitu, pada babak perebutan juara ketiga, Faza berhasil bangkit dan sukses meraih medali perunggu.

Meski kompatriotnya gagal di babak semifinal, di nomor pencak silat putri, Aliya berhasil mengatasi perlawanan lawan-lawannya dan lolos sampai babak final. Pada babak final, Aliya harus berjuang dengan gigih karena lawannya, yang berasal dari Jawa Timur, lebih tangguh daripada para peserta di babak sebelumnya. Aliya menerima perlawanan ketat pada babak ini. Meski begitu, berkat keberanian dan semangat yang pantang menyerah, Aliya sukses mengalahkan lawannya dan berhasil mengharumkan SMP IT Masjid Syuhada dengan meraih medali emas (juara 1).

Turnamen Pencak Silat Yogyakarta Championship 4 sendiri merupakan salah satu turnamen prestisius yang mempertandingkan kepiawaian pencak silat antarpelajar se-Indonesia. Turnamen ini diikuti setiap jenjang pendidikan mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi. Turnamen ini digelar oleh komunitas “Sayap Rajawali”—sebuah komunitas pencak silat dari berbagai macam aliran pencak silat. Tujuan utama dari turnamen ini adalah mengasah bibit-bibit atlet pencak silat nasional serta mempopulerkan olahrag pencak silat kepada masyarakat agar tidak kalah populer dibandingkan bela diri impor.

Secara khusus, keberhasilan Faza dan Aliya meraih medali juara melanjutkan kesuksesan tim pencak silat SMP IT Masjid Syuhada yang diraih tahun 2017. Dalam Open Tournament Pencak Silat kategori Tanding tahun 2017, perwakilan SMP IT Masjid Syuhada berhasil meraih medali emas (juara 1) dan medali perak (juara 2). Semoga kesuksesan Faza dan Aliya menginspirasi para siswa yang lain untuk menyibukkan diri dalam belajar meraih prestasi.