Pramuka

Pramuka

Salam pramuka! Yup, ekstrakurikuler Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib di sekolah. Wajib karena memang ada banyak manfaat dan pembelajaran yang dimuat di ekskul satu ini. Tentu saja, membahas pramuka tidak hanya seputar kemah saja. Lebih dari itu, pramuka adalah sebuah integrasi pembelajaran mental, penguatan karakter, pelatihan kedisiplinan dan kecakapan hidup, serta pendidikan akhlaq para pesertanya.

Melalui ekstrakurikuler pramuka, kalian juga bisa mengasah pengetahuan kepramukaan kalian seperti tali temali, membuat dragbar, tenda, pioneering, membaca sandi, memberikan pertolongan pertama dan kecakapan-kecakapan lain sebagai anggota pramuka.

Kegiatan Pramuka di SMP IT Masjid Syuhada diadakan seminggu sekali setiap hari Jumat. Para peserta adalah siswa kelas 7 dan kelas 8. Pemandu pramuka bersifat integratif, terdiri dari guru internal SMP IT Masjid Syuhada, alumni, dan pelatih pramuka profesional. Setahun sekali, diadakan kegiatan perkemahan bersama sebagai ajang latihan dan penilaian kemampuan kepramukaan para peserta didik.